GEMTI18

______///////

Kamis, 25 Juni 2015

Apa Itu Papercraft ?


Apa Itu Papercraft ?

Papercraft Gemti


Pengertian Papercraft
Papercraft adalah seni kertas atau kertas buatan, sebuah kertas yang di rancang dan di model seperti gambaran asli atau gambaran yang kita inginkan. Papercraft berbahan dasar kertas seperti Origami,
tapi Papercraft mempunyai bentuk 3D yang lebih realistis dan dapat disusun dan bongkar pasang.

SEJARAH
pada umumnya Papercraft berukuran kecil, berawal dari bangunan atau kendaraan perang pada zaman perang dunia ke-2 yaitu pada tahun 1940an di Inggris, Amerika Serikat, Eropa tapi model Paper ini sangat berkembang di Jepang sampai muncul genre atau model-model baru selain Papercraft, yaitu di sebut Pepakura, miniatur dari kertas tapi tanpa skala, sejak kini Papercraft menjadi 4 kategori yaitu

1. Pepakura
Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa Papercraft jenis Pepakura ini berasal dari Jepang. Dan itu sangat berhubungan dengan manga dan anime.

2. Papertoy
Sedang Papercraft jenis ini lebih mengarah pada bentuk pop culture art, urbanyang menyesuaikan trend masa kini. Bentuk dasar sari bahan ini sangat sederhana (simple) dan biasanya memiliki texture yang agak menonjol.

3. Papermodel
Untuk Papercraft Papermodel, biasanya jenis ini merupakan bentuk replika dari benda asli yang dibuat degnan menggunakan skala hitung. Karena, kemiripan dengan benda asli sangat diutamakan.

4. Paperavatar
Dan yang terakhir adalah Papercraft Paperavatar, yaitu jenis gambaran (avatar) diri dari seseorang. Sehingga, bentuk dan kemiripan dari modelnya (seseorang/tokoh) sangat diutamakan.


Perbedaan Papercraft dan Origami
perbedaan dengan Origami adalah Papercraft bersifat bentuk atau susunan-susunan yang terpisah yang di buat menjadi kesatuan hingga menyerupai pola gambaran tersebut, Papercraft lebih banyak macamnya karena bisa di buat semau kita asal kita bisa mendesain pola rancangan tersebut.

Origami adalah seni kertas juga, bedanya adalah origami hanya fokus pada lipatan-lipatan kertas, dengan unsur membentuk hiasan dalam 1 kertas, origami di bentuk minimalis, alat dan bahan sama seperti yang digunakan Papercraft

Pembuatan Papercraft
Dasar pembuatannya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan bahan kertas yang sudah di buat pola warna-warni, yang di lipat berbagai cara, serta di potong dengan gunting atau karter untuk menghias potongan, lalu untuk memperkuat sisi bagian atau bagian terpisah dengan lem, membuat Papercraft dapat dilakukan di oleh semua umur.

adapun jika anda kesulitan membuat pola download aja templetenya disni

www.papercraftmuseum.com



  1. Chopper One Piece (Link)
  2. Plants vs Zombie Conehead (Link)
  3. Plants vs Zombie Gatling peas (Link)
  4. Plants vs Zombie Repeater (Link)
  5. Plants vs Zombie Zomboni (Link)
  6. Giant Panda (Link)
  7. Gif box love (Link)
  8. Pororo (Link)
  9. Snow White (Link)
  10. Dave Mustaine - megadeath (Link)














0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More